SEO optimized Verifikasi Cara Aman Berkendara Dijalan Berlubang, Basah dan Hujan Sedang Turun Lebat : lemonkubu.com Cara Aman Berkendara Dijalan Berlubang, Basah dan Hujan Sedang Turun Lebat
});

Cara Aman Berkendara Dijalan Berlubang, Basah dan Hujan Sedang Turun Lebat

Gambar: Akibat mengelakkan  lobang.

Hal yang diluar kendali kita ketika keluar rumah dan berpergian kesuatu tempat. Atau ketika kita mempunyai rencana ke suatu tempat dan pada waktu yang bersamaan hujan turun dengan lebatnya. Tetapi bagi orang yang sudah berpengalaman melewati jalan tersebut mungkin tidak ada hal yang dikhawatirkan. Karena mereka sudah mengetahui dimana saja lokasi atau jalan yang harus dilalui dan berapa kira-kira kecepatannya. Karena kalau hujan sedang turun maka kelihatan  semua jalan hampir semua rata walaupun ada tempat-tempat tertentu berlobang. Tetapi karena lobang tersebut sudah penuh dengan air hujan maka semuanya kelihatan rata dengan jalan.

Tetapi untuk pengendara yang belum mengenal jalan tersebut atau pertama sekali maka harus lebih extra hati-hati. Karena kita tidak mengetahui karakteristik jalan tersebut.

Yang menjadi perhatian adalah ketika di jalan yang dilalui adalah lurus dan mulus sehingga dengan kondisi seperti itu biasanya kecepatannya agak kencang. Pas suatu ketika sampai di suatu tikungan dan berlobang atau perbaikan jalan atau ada mobil rusak didepan. Maka pada waktu yang sama sudah pasti kita akan injak rem secara tiba-tiba. Dan hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan baik terhadap diri sendiri maupun terhadap pengendara yang dibelakang.

Ataupun pada saat berkendara di jalan yang lurus atau turunan dan tiba tiba sisi jalan rusak atau ada kebetulan lobang, hal ini juga bisa mengakibatkan kecelakaan, karena apabila pada saat yang bersamaan ada mobil datang dari arah yang berlawanan. Tetapi ketika lawan arah mengelakkan lobang pas pada waktu berpapasan maka bisa mengakibatkan kecelakaan. Mungkin gesekan dengan dinding mobil atau kaca spion yang pecah.

Oleh sebab itu dibawah ini ada beberapa tip cara aman berkendara di jalan yang berlubang, basah dan hujan sedang turun dengan lebat, antara lain:

  1. Selalu berhati-hati, selalu focus dan berkonsentrasi
  2. Kurangi kecepatan kendaraan pada waktu di jalan lurus dan tikungan, turun atau tanjakan.
  3. Nyalakan lampu depan kalau hujan sangat lebat supaya pengendara didepan melihat. Hati-hati menyalakan lampu hazard, karena kalau kita berbelok ke kiri atau ke kanan maka pengendara lain tidak tahu, karena lampu kiri dan kanan menyala secara bersamaan. Tetapi kalau kita mematikan lampu hazard dan ketika kita ingin ke belok kiri atau ke kanan maka pengendara lain bisa melihat tanda dari kita. Karena kalau belok ke kiri maka lampu sein akan nyala sebelah kiri saja dan sebaliknya. Terkecuali jalan yang lurus dan memang tidak ada belok kiri atau kanan.
  4. Nyalakan lampu fox /kabut
  5. Jaga jarak dengan kendaraan yang didepan supaya ketika kita melakukan pengereman secara tiba-tiba, dan pengendara yang dibelakang masih mempunyai waktu untuk melakukan pengereman dengan safe.
  6. Hindari melewati jalan berlobang dengan terpaksa dengan cara mengambil jalan lawan arah secara bersamaan dan menaikkan kecepatan, lebih baik mengurangi kecepatan agar bisa memberikan jalan kepada pengendara lawan arah kita, sehingga toleransi sangat di butuhkan.
  7. Selalu waspada dan berhati-hati terhadap genangan air pada lobang dan selokan kalau seandainya kita harus melewati lobang atau selokan tersebut.
  8. Utamakan Keselamatan ketika berkendara terhadap diri sendiri dan pengendara lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *