SEO optimized Verifikasi 6 Tip Berkendara Aman Pada Saat Sedang Hujan : lemonkubu.com
});

Loading

wait a moment

6 Tip Berkendara Aman Pada Saat Sedang Hujan

Berkendara pada saat hujan atau sehabis hujan memerlukan konsentrasi yang lebih di bandingkan dengan berkendara pada saat tidak hujan atau pada saat kondisi jalan sedang kering. Hal ini tidak bisa di pungkiri bahwa hujan bisa turun kapan saja. oleh sebab itu servis berkala kendaraan harus dilakukan sesuai dengan jadwal perawatan.

Berkendara dengan roda 2 atau pun roda 4 tetap harus lebih berkonsentrasi pada saat kondisi sedang hujan, atau pada saat jalan yang licin. Kalau kita sering berkendara melewati jalan yang sama kemungkinan kita sudah mengetahui atau menghapal dimana letak-letak jalan berlobang, bergelombang dan lain sebagainya. Akan tetapi bagi orang yang baru melewati Jalan tersebut maka konsentrasi extra perlu lebih lagi di tingkatkan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Dibawah ini adalah beberapa tip yang mungkin bermanfaat ketika berkendara pada saat hujan atau ketika melewati jalan yang licin baik tanjakan ataupun turunan.

  1. Kondisi Ban

Salah satu penyebab kecelakaan pada waktu hujan adalah aquaplaning atau hidroplanning. maka dari itu kita perlu mengecek tekanan angin juga kondisi telapak ban, karena akan membuat kesetabilan berkurang ketika melewati genangan air.

2. Kondisi Rem

Pengecekan bisa dilakukan  secara visual dengan melihat ketebalan rem,  Kadang akan ada bunyi atau perasaan seperti slip ketika dilakukan pengereman apabila rem sedang basah, hal ini kemungkinan karena kanvas rem sudah menipis. lakukan pemeriksaan secara berkala di bengkel anda.

3. Melewati Jalan yang berlobang

Pada waktu sedang hujan kadang-kadang jalan berlobang tidak terlalu kelihatan, kalau seandainya jalan tersebut tidak dalam mungkin tidak berpengaruh tetapi kalau lobang yang dilalui dalam mungkin akan membuat kendaraan tidak stabil  karena ada guncangan.

4. Menjaga Jarak

Jaga jarak dengan kendaraan di depan, ketika pengereman secara mendadak oleh pengendara di depan maka kita masih ada jarak untuk melakukan pengeraman.

5. Mengenal Kemampuan Mobil

Dengan mengetahui kemampuan mobil maka akan menambah percaya diri ketika melewati mobil di depan ketika di perlukan.

6. Menjaga Kecepatan

Kecepatan adalah salah satu faktor yang perlu di perhitungkan ketika berkendara pada saat hujan atau ketika melewati jalan yang licin.

7. Menyalakan lampu hazard

Menyalakan lampu hazard digunakan ketika cuaca sedang buruk seperti hujan lebat atau berkabut. Tetapi perlu hati-hati karena lampu sein akan susah dikenali oleh pengendara didepan atau di belakang ketika lampu hazard dan lampu sein dinyalakan secara bersamaan.

JR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.