SEO optimized Verifikasi Perjalanan Berkendara Jauh dan Monoton Bisa Menyebabkan Microsleep : Free Japanese Lesson & Otomotive Perjalanan Berkendara Jauh dan Monoton Bisa Menyebabkan Microsleep
});

Loading

wait a moment

Perjalanan Berkendara Jauh dan Monoton Bisa Menyebabkan Microsleep

Perjalanan Berkendara Jauh dan Monoton Bisa Menyebabkan Microsleep.

Untuk orang yang sering melakukan perjalanan jauh mengendarai mobil secara monoton, mungkin pernah mengalami ngantuk yang sangat berat sampai-sampai cubit tangan dan pipi tetap saja masih sangat mengantuk dan mata ingin terpejam. Hal ini mungkin dialami oleh orang yang sering berkendara jarak jauh secara monoton atau juga ketika melihat layar mobile phone atau laptop secara monoton.

Keadaan ini adalah suatu kejadian hilangnya kesadaran karena merasa mengantuk sehingga tertidur secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat mungkin 1 detik sampai 1 menit tetapi setelah itu sudah sangat segar kembali.

Bisa dibayangkan apabila hal ini terjadi ketika kita sedang mengendarai mobil dalam kecepatan yang sedang atau tinggi, hal ini mungkin masih beruntung kalau mengantuk dan tertidur ketika sedang duduk dan sambil melihat mobile phone atau layar computer saja dan akhirnya tertidur. Tetapi hal ini sangat berbeda ketika kita sedang mengendarai mobil atau motor karena kelelahan atau karena penyebab lain sehingga menyebabkan diri kita sangat mengantuk pada waktu yang sangat singkat. Hal ini sangat beresiko tinggi apabila sedang mengendarai motor atau mobil di jalan raya walaupun dalam kondisi yang sepi.

Pernah juga melihat kejadian tersebut di lampu merah, ketika lampu sedang merah maka pengendara lain pun ikut berhenti, tetapi karena menunggu gikiran agak lama lampu hijau maka pada saat tersebut pengemudi yang didepan tertidur. Tetapi pada saat lampu sudah hijau yang didepan masih berhenti, belum ada tanda-tanda bergerak maju, setelah di bangunin baru berjalan.

Oleh sebab itu ketika mengendarai motor atau mobil lebih menyenangkan melewati jalan yang berkelok-kelok daripada jalan yang monoton dan lurus, karena jalan yang berkelok-kelok membuat konsentrasi yang penuh dibandingkan dengan jalan yang monoton dan lurus.

Untuk yang sering mengendarai mobil atau motor jarak jauh secara monoton, mungkin pernah juga merasakan mata ingin sekali menutup / berkedip karena sangat mengantuk, walaupun kaca mobil dibuka atau dan AC dimatikan, tetapi situasi mengantuknya masih sama apalagi malamnya kita kurang tidur. Istilah ini disebut sering disebut “microsleep”. Microsleep .

Apa saja sih yang bisa dilakukan untuk menghindari microsleep?

  • Tidur yang cukup

Ternyata dengan tidur yang cukup bisa membuat badan segar dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

  • Istirahat jika mengantuk.

Usahakan berhenti sejenak dan keluar dari mobil sebentar ketika mengantuk berat, dan biasanya setelah itu badan akan fit kembali setelah itu melanjutkan perjalanan kembali.

  • Mengkomsumsi kopi

Beberapa orang dengan mengkomsumsi kopi bisa menahan ngantuk dalam waktu yang lama.

  • Matikan AC dan buka kaca jendela mobil mungkin 1/3 atau 1/2
  • Berkendara sambil bernyanyi

Mungkin bernyanyi sambil berkendara bisa juga menghilangkan rasa ngantuk bagi beberapa orang.

Intinya kita harus tetap berhati-hati dalam berkendara, utamakan keselamatan, cukup tidur dan berolahraga untuk menjaga agar badan yang fit. Agar supaya kita bisa meminimise / mengurangi resiko dari microsleep ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *