SEO optimized Verifikasi ISO Management Representative untuk ISO 9001:2015, Masih Perlu Atau Di Remove? : Free Japanese Lesson & Otomotive
});

Loading

wait a moment

ISO Management Representative untuk ISO 9001:2015, Masih Perlu Atau Di Remove?

Dari semua draft lanjutan versi ISO 9001 2015, tampaknya standar baru tidak akan mencakup persyaratan untuk Management Representative, tetapi apakah itu ide yang baik untuk menghilangkan posisi ISO Management Representative?

ISO Management Representative telah menjadi bagian dari persyaratan ISO 9001 sejak versi 2000 keluar, dan sejak itu posisi ini telah memainkan peran penting dalam manajemen sistem manajemen mutu. Sulit dipercaya bahwa dari hasil meeting mengeluarkan statement bahwa di versi terbaru ISO 9001:2015 tidak mempersyaratkan posisi tersebut.

Sekilas tentang perbedaan ISO 9001:2008 versus ISO 9001:2015

Pemeliharaan Proses dan Pelaporan Kinerja
Jadi pekerjaan Management Representative salah satunya adalah mengawasi proses yang tertuang dalam manual, prosedur, work instruction atau guidelines dalam suatu perusahaan. dari hasil yang didapatkan maka di buat pelaporan kepada managemen.

Setiap data dibutuhkan konsisten dengan penyajian yang sama kecuali ada perubahaan sehingga dari data yang didapat bisa sebagai acuan atau dasar untuk perbaikan berkesinambungan dan mempermudah sebagai pembanding sehingga dari hasil perbandingan data bisa di putuskan untuk tindakan perbaikan kedepan.

Hubungan external parties / supplier, customer / badan sertifikasi
Meskipun dalam persyaratan ISO 9001:2015, ini dapat menjadi salah satu peran paling penting bagi ISO Management representative untuk dimainkan. Badan sertifikasi, pelanggan, dan badan pengawas masih menginginkan satu orang yang bertanggung jawab untuk menghubungi management Representative.

Seperti yang di bahas dalam tanggung jawab tambahan dari Management Representative, peran penting ini dapat memberi kenyamanan kepada semua pihak. Ketika seseorang ingin mengeluh, mereka akan jauh lebih puas jika ada satu orang yang mudah dihubungi, daripada jika mereka dikirim dari orang ke orang untuk mencoba menyelesaikan masalah mereka. disini lah peran Management Representative dapat berarti dalam menyelesaikan masalah seperti Non-conformance yang terjadi sehingga pihak luar menginginkan siapa contact point atau vocal point untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Orang yang tepat akan membuat peran itu berguna dan efisien
adalah Management Representative, Anda akan melihat manfaatnya seperti yang dibahas dalam Memilih orang terbaik untuk pekerjaan Management Representative. Orang ini akan membantu membangun QMS Anda untuk peningkatan berkesinambungan, dan membimbing perusahaan Anda menuju efisiensi dalam proses.

Tetapi untuk perusahaan skala kecil tidak berpengaruh besar walaupun ISO Management Representative tidak ada karena masih bisa di cover oleh Top management.

Tetapi ada keuntungan bagi Management Representative kalau seandainya tidak dibutuhkan di struktural perusahaan dan mengingat bahwa di persyaratan ISO 9001:2015 tidak mewajibkan perusahaan meng-hire ISO Management Representative.

Keuntungan adalah sebagai berikut:

ISO Management Representative yang expert di bidangnya bisa menjadi konsultan untuk perusahaan yang ingin membangun system ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 22000 dsb.

ISOManagement Representative bisa sebagai freelance untuk perusahaan yang membutuhkan update atau persiapan external audit atau internal audit pada saat yang di tentukan. setiap 2 bulan satu kali visit atau 1 bulan 1 x visit tergantung dari perjanjian dengan perusahaan.

ISO Management Representative bisa sebagai freelance untuk external audit dengan cara me-register sebagai Auditor atau Lead Auditor.

Oleh sebab itu kita harus menganalysis semua kebijakan yang dikeluarkan dengan mepertimbangkan keuntungan, kelemahan dan yang terpenting personnel ISO Management Representative certified and mempunyai skill yang bisa diandalkan.

Selain skill, ISO Management Representative harus juga menguasai bahasa asing sehingga bisa berbaur dengan semua lapisan di perusahaan, terutama penguasaan bahasa inggris dan akan lebih baik lagi kalau bisa menguasai bahasa lain selain bahasa inggris seperti bahasa Jepang, Jerman, France, Italy dsb.

Kesimpulan:

Selalu analysis dari setiap kebijakan dan gunakan itu sebagai pemacu sehingga tetap terupdate dalam setiap kebijakan dan persyaratan standar baru. Analysis kelebihan dan kelemahan dan ketika banyak kekurangan kita untuk mencapai target tersebut maka itulah saatnya perlu meng-upgrade pengetahuan yang dimiliki.

Ilmu yang dimiliki bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan sebagai freelancer, dengan cara melakukan visit kepada perusahaan yang membutuhkan dalam frekuensi dan waktu yang flexible dan kontrak yang jelas.

Dengan penguasaan bahasa yang dimiliki maka bisa melakukan presentasi dan feedback yang dibutuhkan oleh Top Management. untuk tindakan perbaikan berkesinambungan.

Dengan persyaratan tersebut maka ISO Management Representative sudah bisa bekerja sebagai freelancer dengan cara melakukan kunjungan keperusahaan yang tidak mempunyai ISO Management Representative dalam perusahaan tersebut tetapi menginginkan mereka pada saat saat tertentu saja, tentu saja dalam kontrak yang jelas, misalnya sebulan 1 x atau sebagai Management Representative ketika melakukan Internal Audit atau ketika ada audit dari customer untuk project baru atau ketika ada audit dari sertifikasi.

Bahasa English dan Japanese penting kalau kita deal dengan perusahaan Internasional atau perusahaan Jepang.

Writer: IRCA Auditor Registered No: 6026667, Japanese Language Level Test Level II (JLPT Level II)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *